Mengenal serangan DDos

images Apa itu serangan Dos/DDOS ?

Dalam serangan (DoS) denial-of-service, hacker berusaha untuk mencegah / mempersulit user untuk mengakses informasi atau layanannya sendiri. Dengan penargetan komputer dan koneksi jaringan, atau komputer dan jaringan situs yang anda coba untuk gunakan, hacker mungkin akan mencegah/mempersulit anda dari mengakses email, website, rekening online (perbankan, dll), atau layanan lain yang bergantung pada komputer yang terkena dampak dos tersebut
Jenis yang paling umum dari serangan DoS terjadi ketika seorang hacker “membanjiri / flood” jaringan dengan informasi. Ketika user mengetik URL untuk membuka website tertentu dalam browser, user mengirim permintaan ke server komputer situs tersebut untuk membuka halaman situs tersebut. Server hanya dapat memproses sejumlah permintaan sekaligus dalam batas terntentu, jadi jika seorang hacker melakukan overloads (melebihi kuota) server dengan banyak permintaan, akan membuat server tidak bisa mengakses permintaan user.
Seorang hacker dapat menggunakan pesan spam untuk memulai serangan pada account email user. misalnya jika anda memiliki account email yang disediakan oleh perusahaan/bos atau melalui layanan gratis seperti Yahoo atau Gmail, anda akan diberi kuota tertentu, yang membatasi jumlah data yang dapat anda akses dalam account anda pada suatu waktu tertentu. Dengan mengirimkan banyak email (spam) hacker akan menghabiskan kuota anda, sehingga anda tidak bisa membuka e-mail anda.

Kenapa serangan dDos disebut serangan terdistribusi ?

Dalam serangan denial-of-service (DDoS), penyerang dapat menggunakan komputer anda untuk menyerang komputer lain. Dengan mengambil keuntungan dari kerentanan keamanan atau kelemahan, hacker bisa mengambil alih komputer anda. Dia kemudian bisa memaksa komputer anda untuk mengirim data dalam jumlah besar ke situs web atau mengirim spam ke alamat email tertentu. Serangan itu “didistribusikan” karena hacker menggunakan beberapa komputer, termasuk komputer anda, untuk meluncurkan serangan DDoS.

Bagaimana cara menghindari serangan DDoS?

Sayangnya, tidak ada cara yang efektif untuk mencegah menjadi korban dari serangan DDoS, tetapi ada beberapa langkah yang dapat anda ambil untuk mengurangi kemungkinan seorang hacker untuk menggunakan komputer anda untuk menyerang komputer lain:

  • Instal dan update anti virus anda.
  • Instal firewall, dan konfigurasikan untuk membatasi lalu lintas yang datang dan meninggalkan komputer anda.
  • Menerapkan filter email dapat membantu anda mengelola lalu lintas yang tidak diinginkan.

sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s